Iklan

Thursday 28 July 2016

TRIP TO JOGJA 2 ( We back to the magical place) PART 4

ROMBONGAN ANAK MUDA TUKANG NGOPI DARI CILEDUG

Selamat pagi kota jogja...selamat jam 06:00 tanggal 30 agustus 2015 ..hari ini kita bangun pagi karna mau pergi ke Gunung api nglageran, embung nglageran dan pantai pok tunggal. Jogja tuh seger banget ya kalo pagi, suasana desa yang indonesia banget tuh bikin betah berlama-lama disini.

lihat aktivitas masyarakat disini yang super ramah, apa adanya, sederhana bikin kita gak ngerasa lagi bepergian jauh melainkan serasa dirumah dan dilingkungan sendiri.

Pagi itu kita bersiap-siap untuk pergi ke tiga tempat sekaligus. mandi udah, uang udah dibawa, udah rapih semua, kita keluar untuk jemur anduk (si deden) dan gue jemur baju yang dipake buat anduk...pas lagi ngejemur gue sama deden disapa sama rombongan anak-anak muda yang lagi ngopi bareng-bareng diteras penginapan...

anak muda : bang...ngopi
kita : iya bro makasih...
anak muda : Liburan juga bang? dari mana asal..kayaknya jakarta ya..
deden : saya bintaro mas ..
anak muda : wailah..deket dong..saya ciledug mas...
(weilehh biasanya kalo anak ciledug sama bintaro ketemuan bisa bisa ngomongin dangdut yang hitz yg ada didaerah situ)

setelah puas dengan basa basi..deden dan gue masuk kekamar..emang dasar mulut ember emak emak tukang sayur..langsung deh kita ngegosip

Deden : itu perasaan mereka gak pernah kemana-mana deh selama di sini
Gue : iya..kita pulang tengah malem..mereka diteras lagi ngopi...kita bangun pagi pagi mau berangkat...mereka diteras juga lagi ngopi..kita pulang maghrib..ada mereka juga masih ngopi sambil ngobrol...
Deden : terus mereka liburan kesini jauh-jauh dari ciledug cuman buat ngopi diteras sekitaran penginapan jogja kali ya..
Gue : iya..gapenting kemana kemana yang penting udah ada dijogja..nginep..ngopi terus tiap pagi sama malem diteras jogja...
Deden : yang penting liburan dijogja yak kali ya...

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
GUNUNG API PURBA NGLANGGERAN, EMBUNG DAN PANTAI POK TUNGGAL 

pertama niatnya mau cari sarapan tapi entah kenapa dijogja masih banyak toko yang tutup...kita selalu bilang

Deden : toko kenapa masih pada tutup ya..
Gue : mungkin karna abis lebaran kali
Deden : gila kali udah sebulan masih berasa lebaran..

Rute perjalanan kita kearah gunung kidul kali ini..yeyy i miss gunung kidul so bad. inget tahun lalu betapa amaze nya gue dengan suasana jalan gunung kidul yang cukup ekstrim, belum lagi si deden yang naik motornya selalu bikin gue dari belakang ngomel-ngomel.

Suasana hening yang didominasi hutan dikanan dan kiri serta sinar matahari yang menembus dedaunan dari atas membuat gue merasa tenang dan nyaman, moment seperit ini tentunya adalah momen yang gak pernah bisa gue rasain setiap hari.

pokoknya perjalan ini merupakan salah satu moment paling the best dalam hidup..bisa bertemu jogja dan meng-eksplor apa aja yang ada didalamnya, nikmatin suasana kaya gini dimasa muda tuh gak bisa dijelasin betapa menyenangkannya, betapa seru dan mengundang gelak tawa serta sedih (kangen) kalo diinget-inget...

Destinasi pertama yaitu gunung api purba nglanggeran...
kita ngulik sejarah gunung api purba ngalanggeran dulu yah..oiya..ini infonya gue dapet dari wikipedia

Gunung Nglanggeran adalah sebuah gunung di Daerah Istimewa YogyakartaIndonesia. Gunung ini adalah satu-satunya gunung api purba di Yogyakarta yang terbentuk dari pembekuan magma yang terjadi kurang lebih 60 juta tahun yang lalu. Gunung Nglanggeran tersusun oleh batuan beku berupa andesit, lava dan breksi andesit. Gunung ini terletak di Desa NglanggeranKecamatan PatukKabupaten Gunung Kidul yang berada pada deretanPegunungan Sewu

Bukit Nglanggeran konon merupakan tempat menghukum warga desa yang ceroboh merusak wayang. Asal kata nglanggeran adalah nglanggar yang mempunyai arti melanggar. Pada ratusan tahun yang lalu, penduduk desa sekitar mengundang seorang dalang untuk mengadakan pesta syukuran hasil panen Akan tetapi para warga desa melakukan hal ceroboh. Mereka mencoba merusak wayang si dalang. Dalang murka dan mengutuk warga desa menjadi sosok wayang dan dibuang ke Bukit Nglanggeran.
Ada beberapa bebatuan besar yang menurut cerita warga sekitar digunakan untuk tempat pertapaan warga. Warga sekitar mengatakan bahwa menurut kepercayaan, Gunung Nglanggeran dijaga oleh Kyai Ongko Wijoyo serta tokoh pewayangan Punokawan. Pada malam tahun baru Jawa atau Jumat Kliwon, beberapa orang memilih semedi di pucuk gunung. Di Gunung Nglanggeran ini pula warga pernah menemukan arca mirip Ken Dedes.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Dan itu dia guys infonya...nah back to story

Sesampainya digunung glanggeran kita bayar parkir dan bayar masuk, gue lupa berapa biayanya tapi gak mahal kok...emang suasana lagi panas banget saat itu, terik menyengat lah.
Gue dan deden yang hari itu pake sweater & celana panjang kayaknya salah kostum deh...emang sih niatnya kita mau ngelindungin kulit dari sinar matahari tapi malah jadi kegerahan karna kita ngedaki ini gunung walau gak tinggi.

Gue sama deden ngedaki guys..ini gunung ke 2 yang kita daki bareng meskipun ini kayak bukit sih cuma 700mdpl kalo gak salah.. kanan kiri rata-rata bebatuan purba gitu..terus perjalanan didominasi kaya lorong lorong sempit, tangga yang kecilll banget diantara himpitan batu dan jurang-jurang yang kalo jatoh elu pasti mati juga sih..

Tiba tiba lagi asik bercanda dan berlenjeh lenjeh ria, si deden yang dari tadi jalannya selalu meleng dan nengkok kearah gue kejedot batu purba guys..

*JEDUGGG* bunyi kenceng banget
emhhh mampus deh lu kepentok batu purba, kena kutukan deh elu kalo gak paling entar pulang dapet wangsit trus mendadak berubah lenjeh kaya si roro fitria dan punya banyak duit (lahh enak)..

gue ketawa ngakak banget..itu sideden ketara banget mukanya malu sambil nahan sakit..apalagi banyak anak anak muda depan kita yang ketawain dia hahahahhaha seneng deh gue...belom kelar masalah sideden tiba-tiba:

Deden : bal....
Gue : (baru berenti ketawa) hahaha ...ya den kenapa?
Deden : lu pake krim muka buat pelindung matahari ya?
gue : iya kenapa?
Deden : dari tadi luntur tau..elu gak nyadar dari bawah muka elu udeh kaya susu itu banyak aer putih-putih

ASTAGAHHHH ASTAGAHHHH baru ngeh gue anjir malu banget...  gini guys..gue cerita lagi ya..kan gue abis dari dieng beli krim buat ngebalikin kulit tuh..nah karna belom abis dan gue lanjut traveling ke jogja seminggu setelah itu...jadi gue pake lagi biar gak terlalu item banget kan..eh malah luntur kek susu anjir banget ...

Gue beburu beresin muka, gue lanjut ngedaki sama si deden. emang pemandangannya masyaAllah banget guys..indah banget..kita bisa ngeliat suasana kawasan patuk dan gunung kidul dari atas..hutan-hutan. dan batasan membentang antara langit dan bumi yang bener-bener kelihatan.

beberapa menit kemudian akhirnya kita nyampe juga dipuncak tertinggi gunung api nglanggeran, diatasnya ada tiang bendera dan papan penanda ketinggian gitu. dari sini kita bisa lihat embung nglanggeran yang ada tepat dibawah gunung ini. cuaca cerah banget,,awan cuma sedikit dan langit biru cerah terpampang nyatah (kalo kata syahrini).. bener-bener suasana yang gak bisa gue lupain..kalo kita nengok kearah lain..kita bisa lihat tumpukan-tumpukan bebatuan raksasa dan bukit-bukit hijau dengan pepohonan yang cukup rindang.

Turun dari situ juga bukan berarti perjuangan selesai guys, kita mesti nurunin bukit dan tanah yang kemiringannya cukup terjal. deden juga sempet ngasih tips yang gak berguna banget untuk kita aplikasikan ketika kaki pegal dan harus tetep jalan..kata dia mesti jalan miring yang menurut gue tetep cape... Kita sempet istirahat beberapa kali karna muka udah pucet banget kecapean wkakaka...

Lagi jalan turun tiba-tiba ada sesama pengungjung yang nyapa kita guys

orang asing : oi mas..
Deden : OIIIIII (kenceng banget nyautnya dia ..suaranya agak ngebass ngebass gimana gitu)
gue : jukkkkkkkkdehhh biasa ajaaa kali nyautnya..kek lady rocker lu..lu siape sih? nicky astria?

(nikita mirzani eluumahh )

sesampainya dibawah kita langsung cusss cabut kearah embung nglanggeran

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Gue sama deden semepet bingung apaan sih itu embung nglanggeran kenapa bisa hits banget di jogja.. emang saat itu cuaca lagi bener-bener cerah jadi matahari kagak ada malu-malunya nyinarin kita sampe kulit dari atas ampe bawah serasa dicubit sama sinar matahari seriusan..

Gue sama deden kan beli body lotion tuh...nah kita baca di belakang kemasannya ..untuk melindungi dari sinar matahari olesan 1 jam sekali atau 30 menit sekali..itumah kita ada kali 15 menit sekali buka tas..ambil lotion..ngolesin...trus kalo jalan nih..muka kita tutupin pake tas udah kaya narapidana...emang gak waras kita..salah apa ibu bapak kita sampe punya anak lenjeh kek kita berdua.

naik keatas dengan kondisi kawasan yang cukup ramai pengunjung membuat kita kebingungan nyari tempat duduk...ada satu saung disitu tapi udah diisi sama turis,,kayaknya sih dari logatnya dia dari luar pulau jawa... tapi yang gan nahan ketawanya itu lohh masyaallah itu seantero gunung kidul denger kali tuh bisa...risih banget..kadang mereka juga suka ngeledekin turis-turis laen gitu... ckkc pada kaga sopan...dikutuk jagi wayang baru tau rasa...

embung nglanggeran ternyata kayak danau buatan gitu,,,kalo kita ngeliat embungnya sih biasa aja, nothing special..tapi kalo kita liat pemandangan disekitar embung tuh baru ajib markajib..apalagi kalo datengnya pas pagi ..behhh masih banyak kabut dan rasanya sejuk banget...dan kalo gak banyak pengunjung pasti tenang banget disini..jadi pengen bertapa deh gue ....

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PANTAI POK TUNGGAL 

puas dari nglanggeran kita langsung cuss ke pantai pok tunggal...agak jauh perjalanannya dan makan waktu dan tenaga (apalagi si deden kesian bgt capek) karna banyak pawai dan karnaval jadi jalanan banyak yang ditutup dan dialihin gitu guys..
sampe disana kita beburu ganti baju jadi sleeveless abu-abu..emang langsung seguer banget gak kepanasan lagi ... kita sekarang mau liat sunset dipok tunggal..



enggak kaya parangtritis yang semua didominasi pasir dan banyak angin. pantai disini banyak bebatuan karangnya dan ombaknya masih aman kalo main dipinggiran...pantai dikawasan gunung kidul emang bagus-bagus semua sih..beda sama parangtritis yang kalo gue bilang ya biasa aja. ehiya kita juga ngelewatin pantai sepanjang yang tahun lalu kita seharian disana..kepanasan..mesen ice coffee malah dapet kopi susu panas..alhasil tenggorokan kaya abis digurah.

pantes dibilang pok tunggal kayaknya sih karna ada satu pohon disana yang dikeramatin warga gitu guys..tapi emang pantainya bagus..kalo kita masukin kaki ke air nih..airnya dinginn banget langsung dari samudra hindia..udah gitu bening..banyak lumut lumut laut yang hijau gitu subur banget...tapi ngeri ih banyak hewan yang kayak kelabang-kelabang gitu...bintang laut juga banyak...

disana kita main-main air...foto foto..nikmatin pemandangan ..dan nunggu sunset sembari ngobrol ngobrol..
gue fotoin sideden dibatu karang kecil kayak podium gitu..dia diri diatasnya..pas lagi asik foto..tiba-tiba ombak pasang...dia gakbisa keluar dari itu batu ketakutan kebawa ombak...gue sih cuma mikir

ya Allah..lindungi dedeen ya allah..ini anak perasaan gak pake baju ijo kenapa mesti diambil sih ..jangan..jangan ambil dia ya Allah..bilang nyi roro kidul gak boleh ambil ini anak...cari ajudan laen..kalo mau nyari ajudan ya yang gagahan dikit lah...jangan ini anak..diinstana bawah laut mau dipake buat apaan? bisa berenang enggak..bela diri enggak..paling jadi tukang cuci piring..

Sekali lagi kita nyaksiin kehebatan Allah dalam mengatur pergantian siang dan malam..disana matahari kembali memanjakan mata kita dengan pertunjukan gemulainya mengolah cahaya dan langit menjadi keemasan sebagai pertanda kalau tugasnya menyinari bumi indonesia sudah selesai hari ini...

puas ngeliat sunset kita mutusin untuk pulang,, sumpah dikawasan pantai pok tunggal itu gelap banget dan gak ada lampu sama sekali..begitu motor dinyalahin aja tetep kaya orang tutup mata ..gelap banget cuma cahaya headlight motor yang jadi satu satunya sumber penerangan..tapi samar-samar masih keliatan sih..samar banget... sampe disatu titik gue sama deden berenti sebentar banget karna tangannya pegel dan kaget karna disamping kita ternyata ada kakek-kakek lagi duduk...anjirr iseng banget..sendirian ditengah kawasan hutan yang gede-gede gini pohonnya ada kakek kakek lagi duduk..gue sama dia kaget bener-bener kaget...tapi gue yakin sih dia 100% orang ..dan penduduk lokal kayaknya...



--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sampe dipenginapan kita berdua bersiap bersih-bersih untuk lanjut pergi makan malem..tapi bersih bersih dulu..kaya biasa..deden selalu mandi duluan..

Deep purple itu penginapannya luas..ada dua rumah..dirumah bagian gue ada 3 kamar..nah kebetulan yang dua ini udah kosong..ternyata rombongan yang dari ciledug udah pergi...jadi cuma kamar gue sama deden yang diisi...agak iseng sih karna sepi banget...

selesai deden mandi...gantian giliran gue..setelah merasa badan bersih dan urusan dikamar mandi kelar..gue mau pake baju dong didalam kamar mandi..dan ternyata oh ternyata gue lupa bawa celana pendek kekamar mandi ..jadi cuma baju sama CD (celana dalem)... yowis lah gak apa apa..toh disini cuma ada gue sama deden doang.... gue mencoba dengan pedenya keluar kamar mandi hanya beralaskan kaos (atasan) dan celana dalem ....

rumah penginapankita tuh letter L guys..jadi kamar berada di sisi atas garis L ..sedangkan kamar mandi ada diujung bawah gari L ...
Gue dengan santai percaya diri berjalan tanpa celana seperti Rihanna dan miley cyrus dikonser konser mereka... pas hampir sampe area per-kamaran tiba-tiba gue papasan sama deden...dia langsung

Deden : Astagahhh lu ngapain pake celana dalem seliweran giniiiii
gue ; mau kekamar lah...gue lupa bawa celana..
Deden : buruuu..buru ngumpet..cepet masuk kamar mandi..
gue : hahh kenapaaa.
deden : itu ada rombongan orang yang mau nginep baru dateng dan cewek semua...

ALAMAKKK alamat jeroan gue keliatan sama orang..tengsin..gue langsung cusss cabut masuk kekamar mandi lagi dan deden ambilin gue celana..wkakakak..
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bersambung ke Part 5

0 comments:

Post a Comment